RSS
Facebook
Twitter

Sabtu, 03 Desember 2011

Prinsip Kerja Mesin 4 Tak


Konsep Peugeot 888  didesain sebagai kendaraan pribadi untuk masa depan Metropolis oleh Oskar Johansen (Norwegia).
Posisi Awal
Ini adalah posisi awal dimana katup hisap (biru) dan katup buang (merah) berada dalam posisi menutup. Posisi piston berada pada TMA (titik mati atas).

Langkah hisap
Piston bergerak turun dari TMA ke TMB (titik mati bawah), sehingga terjadi kevakuman di dalam silinder dan mengakibatkan campuran udara dan bahan bakar terhisap masuk ke dalam silinder. Pada langkah ini katup hisap pada posisi membuka.

Langkah Kompresi
Piston bergerak naik dari TMB ke TMA dan terjadi pengecilan volume ruang silinder. Campuran udara dan bahan bakar dikompresikan sehingga tekanan dan temperaturnya naik. Pada langkah ini kedua katup pada posisi menutup.

Penyalaan bahan bakar
Beberapa derajat sebelum piston mencapai TMA, busi memercikan bunga api sehingga terjadi pembakaran di dalam ruang bakar. Kedua katup masih pada posisi menutup.

Langkah usaha
Bahan bakar yang telah terbakar akan meningkatkan temperatur dan tekanan di ruang bakar. Gas hasil pembakaran akan mendorong piston untuk bergerak ke bawah. Kedua katup pada posisi tertutup.

Langkah buang
Gaya inersia yang terjadi pada poros akan menyebakan piston bergerak naik dari TMB ke TMA dan mendorong sisa gas hasil pembakaran keluar melalui saluran buang. Pada posisi ini katup buang terbuka.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

  • Blog Top Sites

  • Translator

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    by : BTF
  • HiStats