RSS
Facebook
Twitter

Minggu, 24 Juli 2011

Tanya Kecepatan Modem Berapa?


Aku seorang mahasiswa yang kuliah sambil bekerja jadi paginya aku kuliah lalu di siang harinya sepulang kuliah aku langsung sambung dengan berkerja. Aku kuliah mengambik prodi Ti sangat beruntung aku memiliki pekerjaan yang sedikit banyak ada hubungannya denga prodi yang aku ambil. 
Aku bekerja di ponsel yang ada di satu-satunya mall yang ada di Banjarmasin 'Duta Mall' jadinya setiap hari aku selalu berhubungan dengan gadget-gadget (Handphone, modem, flashdisk , memory, komputer dan lain lain)  

Beberapa modem dan gadget yang dijual di tempatku bekerja


Sedikit berbagi salah satu pengalaman seputar Kegaptekan yang sering kali tidak kita sadari tentang gadget Modem. Mungkin beberapa dari kita beranggapan kalo kecepatan modem itu 100 % tergantung dari keterangan  kecepatan modem yang tertera di dus atau kotak bungkus modem tersebut. Jadi seringkali aku menemui orang yang mau beli modem selalu menanyakan berapa kecepatan masing-masing modem-modem yang dijual di ponsel tempatku bekerja. Lalu aku biasanya menjawab hampir sama aja, karena itu tergantung dengan kartu yang dipakai, sinyal yang kita terima serta jenis paket langganan internet yang kita ambil.

Jadi kalau kita mau memilih modem jangan terlalu tertipu atau terperdaya dengan keterangan di dus yang bertuliskan dengan kecepatan maksimum yang wah gede banget.  Karena walaupun di dus tertera angka speed up to 7,2 mbps tapi kta menggunakan kartu gsm yang masi memiliki jaringan Gprs / Edge saja tentu kecepatan yang kita dapat jauh sekali dari angka 7,2 Mbps. Paling banter kita dapat speed Ratusan Kbps. Untuk menyampai angka maksimum sampai hitungan Mbps kita harus menggunakan jaringan Hsdpa. Percuma kita membeli modem dengan maksimum speed yang sangat besar akan tetapi jangkauan sinyal dan juga paket internet yang kita gunakan tidak mendukunh. Jangan heran nanti modem sobat ketika digunakan mengakses internet kecepatannya tidak berbeda dengan modem lain yang memiliki Maksimum speed lebih rendah.

Kesimpulannya, apabila ada sobat yang berkeinginan membeli modem, jangan terlalu berpatok dengan angka max speed yang ada di dus modem.
Sobat yang perlu ketahui ialah tipe modem yang sobat pilih apakah jaringannya  Gprs/Edge/3g atau sudah support Hsdpa , untuk hsdpa sepertinya belum support di daerah-daerah Banjarmasin. untuk jaringan 3G saja masih belum mencakup semua daerah di Banjarmasin dan hanya beberapa operator saja yang sudah support 3G di Banjarmasin.

Selain memperhatikan spesifikasi dari jaringan modem yang ingin dibeli yang paling penting untuk diperhatikan ialah kualitas dari modem tersebut. Kualitas bisa berpatok dari merk, harga, atau rekomendasi dari orang lain. Aku pernah tertipu dengan harga modem yang murah. Aku membeli sebuah modem Cdma dengan harga Rp.199.000 di sebuah pameran namun modem itu hanya terpakai beberapa kali saja karena kualitasnya sangat buruk cepat panas dan lambatnya minta ampun, He. Biasanya harga berbanding lurus dengan kualitas.


Dari sedikit pengalamanku tersebut semoga bisa bermanfaat buat sobat Tergaptek semua.
Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar

  • Blog Top Sites

  • Translator

    English French German Spain Italian Dutch

    Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
    by : BTF
  • HiStats